Tips Menggunakan Tampon Supaya Nyaman

Tips Menggunakan Tampon Supaya Nyaman

Lifestyle

Sebagian besar wanita di Indonesia lebih mengenal pembalut jika dibandingkan tampon. Ini mempunyai fungsi sama yaitu sebagai pelindung dan wadah darah ketika menstruasi. Penggunaannya yang cukup jarang terjadi karena kurang terbiasa atau merasa sedikit kerepotan. Padahal memakai bahan satu ini mempunyai sejumlah keunggulan.

Tampon terbuat dari material kapas yang lembut sehingga akan nyaman digunakan. Dengan bahan tersebut, maka akan mudah dalam menyerap darah haid. Penggunaannya harus dimasukkan ke dalam vagina bukan ditempelkan di celana dalam. Pemakaian tampon dianggap sangat cocok untuk Anda yang bergerak aktif karena ukurannya yang lebih kecil.

Perhatikan Hal Berikut Dalam Menggunakan Tampon

Berbeda dengan pembalut yang tinggal Anda tempelkan di celana dalam, penggunaan tampon sedikit membutuhkan usaha lebih. Tetapi, tenang saja karena sudah tersedia aplikator khusus untuk membantu memakainya. Supaya terasa nyaman dipakai sambil beraktivitas, perhatikan tips di bawah ini.

1. Cuci Tangan Sampai Bersih

Langkah penting sebelum menggunakan yang pertama adalah mencuci tangan dengan sabun dan harus bersih. Kehigienisan mempengaruhi karena jika kotor akan mengakibatkan kuman masuk sehingga berbahaya bagi organ vagina. Oleh sebab itu, pastikan hal ini selalu dilakukan, termasuk waktu melakukan penggantian secara rutin untuk menjaga kesehatan area kewanitaan.

2. Pastikan Produk Masih Baru

Bahan penyerap darah menstruasi satu ini banyak dijual di pasaran. Anda harus memastikan kualitasnya bagus dengan mengecek segelnya. Apabila sudah terbuka, lebih baik jangan digunakan karena sudah terkontaminasi sehingga dikhawatirkan terdapat kuman dan bakteri. Pakailah produk baru dimana masih tersegel serta terjaga kebersihannya.

3. Benang Harus Kuat

Salah satu bagian penting dari tampon adalah benangnya. Anda harus memeriksa apakah kuat atau tidak. Ini akan mempengaruhi kenyamanan saat digunakan nantinya. Cek dengan menarik benang tersebut. Jika putus, maka carilah produk yang memiliki benang lebih kuat. Apabila mudah terlepas, memberikan indikasi tidak nyaman dan aman dipakai.

4. Gunakan Dengan Rileks dan Nyaman

Pemakaian produk penyerap darah menstruasi ini memang membutuhkan sedikit upaya. Jika belum terbiasa, maka pastikan tubuh rileks. Posisikan diri secara nyaman, lalu ambil posisi jongkok. Angkatlah satu kaki kemudian gunakan bangku atau semacamnya sebagai penahan.

5. Masukkan Dengan Perlahan

Langkah terakhir adalah memasukkan tampon ke dalam vagina. Benang harus dipastikan berada di luar supaya mudah mengeluarkannya ketika akan diganti. Inilah sebabnya benang harus kuat supaya penarikan seluruh tampon tidak ada kendala, yaitu menyangkut. Ganti secara rutin selama 3-5 jam sekali. Tidak disarankan lebih dari 5-6 jam penggunaan karena rentan lembab dan jadi sarang kuman.

Itulah ulasan tentang tips penting dalam menggunakan tampon. Jika belum pernah menggunakannya, pastikan harus rileks serta memilih produk bagus supaya nyaman dipakai melakukan aktivitas seharian.