Sampah Menumpuk? Yuk Pelajari 3 Cara Pengelolaan Sampah yang Tepat!

Sampah Menumpuk? Yuk Pelajari 3 Cara Pengelolaan Sampah yang Tepat!

Lifestyle

Menyebalkan rasanya apabila banyak sampah yang menumpuk di lingkungan sekitar. Membuat pemandangan jadi tidak indah dan pastinya menimbulkan aroma tidak sedap. Dari tumpukan sampah pun akan mendatangkan berbagai penyakit bagi tubuh manusia. Mulai dari sekarang hentikan kebiasaan buruk menumpuk sampah. Anda bisa pelajari 3 cara pengelolaan sampah yang tepat, Yuk!

  1. Reduce (Kurangi)

Cara ini harus Anda ikuti dan terapkan di kehidupan sehari-hari. Reduce yaitu mengurangi pemakaian barang yang akan menjadi sampah. Sebijak mungkin Anda untuk menghindarinya dan mengganti barang lain dengan barang yang ramah lingkungan. Misal mengganti pemakaian botol minum plastik sekali pakai dengan membawa botol minum yang bisa dicuci.

Mulai dari sekarang kurangilah penggunaan barang-barang yang susah terurai. Misal penggunaan sampah berbahan dasar Plastik dan Styrofoam. Cari alternatif lain sebagai penggantinya. Seperti kebijakan pemerintah yang sudah melarang penggunaan kantong belanja berbahan plastik di pusat perbelanjaan. Itu merupakan upaya pemerintah dalam pengelolaan limbah sampah.

Anda harus mulai bijak menggunakan barang-barang, gunakanlah barang-barang yang ramah lingkungan. Memang terasa merepotkan, namun demi kebaikan, tidak ada salahnya dimulai dari Anda. Selain untuk menyelamatkan bumi, Anda pun menyelamatkan kesehatan Anda sendiri. Tahukah Anda, berapa banyaknya zat kimia yang terkontaminasi saat plastik jajanan terkena panas makanan? Hal itu sangat merugikan tubuh apabila dilakukan secara terus-menerus.

  1. Reuse (Gunakan Kembali)

Cara kedua mengolah sampah yang tepat adalah Reuse atau gunakan kembali. Anda bisa menggunakan barang-barang yang masih layak pakai. Bisa juga memanfaatkan barang lain untuk fungsi yang lain. Misalnya gunakan botol kemasan air mineral kosong menjadi wadah sabun cuci piring.

Lihatlah barang-barang yang tertumpuk di setiap sudut rumah. Pilihlah barang apa yang masih bisa digunakan kembali. Hal ini mampu menjadi salah satu cara tepat dalam mengelola sampah. Anda bisa memulai dengan cara membedakan sampah organik dan anorganik setiap kali akan membuang sampah.

Itu akan membantu Anda dalam pemilihan sampah mana yang masih bisa dimanfaatkan. Selain menjadi cara tepat dalam mengelola sampah, Reuse pun mengajarkan Anda menjadi tidak boros dan lebih kreatif. Begitulah manfaat reuse. 

  1. Recycle (Daur Ulang)

Recycle atau daur ulang merupakan cara ketiga mengolah sampah yang tepat. Anda diharuskan mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang baru. Gunakan kreativitas dalam melakukan daur ulang. Tidak jarang hal ini akan mengubah sampah menjadi berkah.

Sampah organik seperti sisa sayuran dan makanan bisa dijadikan kompos atau pakan hewan ternak. Anda pun bisa memulai bisnis baru dalam mengelola sampah atau limbah menjadi berkah. Banyak pula kerajinan tangan bernilai jutaan rupiah yang terbuat dari sampah.

Itulah 3 cara yang tepat dalam pengelolaan sampah. Bisa dimulai dari hari ini dan bisa dimulai dari diri Anda sendiri. Tidak ada kata terlambat untuk hal yang baik. 3 cara pengelolaan sampah ini pun bisa diaplikasikan oleh siapa saja dan dimana saja.