Perjalanan Jauh Pakai Raize Lakukan 6 Hal Ini

Perjalanan Jauh Pakai Raize? Lakukan 6 Hal Ini

Others

Melakukan perjalanan jauh mengendarai mobil Raize, butuh persiapan yang tidak boleh diabaikan. Supaya perjalanan jadi lancar dan aman dari berbagai potensi bahaya.

Beberapa hal perlu dilakukan, untuk memastikan kondisi mobil tersebut benar-benar prima. Jangan sampai, nantinya terpaksa berhenti di tengah jalan karena mobil mogok. Lantas apa saja persiapan yang perlu dilakukan? Ini dia penjelasan lengkapnya.

7 Persiapan Penting, Sebelum Pakai Raize Untuk Perjalanan Jauh

Mungkin menurut Anda, memiliki mobil SUV mini kompak dari Toyota ini sangat menyenangkan. Karena dinilai tangguh di segala medan, tapi tak ada salahnya tetap melakukan enam persiapan penting berikut jika memang ingin mengendarainya untuk pergi ke luar kota bahkan ke provinsi lain.

  • Cek Kondisi Rem

Ini adalah komponen utama yang perlu dipersiapkan dalam kondisi maksimal, karena sangat berhubungan dengan keamanan berkendara. Apalagi untuk rute perjalanan jauh dengan medan kombinasi yang belum pernah dilewati.

Anda perlu melihat minyak rem, apakah berada pada ambang batas normal atau tidak. Begitu juga dengan slang dan masternya. Jika terdapat indikasi bocor, segera perbaiki sebelum berangkat.

  • Cek Ban

Ban juga perlu dipastikan berada dalam kondisi terbaiknya. Jadi, perlu dilakukan pengecekan kondisi ban luar kemudian tekanan udara di dalam ban. Untuk kondisi normal perjalanan jauh, sebaiknya tekanannya berada antara 30-34 psi.

Jangan terlalu keras atau terlalu lembek karena akan sangat berpengaruh pada kenyamanan mengemudi dan kondisi komponen di bagian rangka termasuk mesin. Sebab mau beli mobil dengan kredit Raize atau tunai, soal kondisi ban harus benar-benar sehat apalagi untuk perjalanan jauh.

Pastikan juga, ban cadangan tersedia dan siap digunakan seandainya terjadi kebocoran tak terduga di tengah perjalanan.

  • Cek Air Radiator

Air radiator merupakan salah satu yang berhubungan dengan reservoir, kemudian berfungsi untuk memastikan kinerja mesin benar-benar baik. Ketika jumlah air berada di bawah limit, segera isi tapi jangan sampai terlalu penuh.

Lalu, untuk jaga-jaga bawalah air cadangan dalam botol air mineral bekas. Untuk mengantisipasi air radiator yang perlu di tambah saat dalam perjalanan nanti.

  • Cek Oli

Kenapa oli perlu di cek juga? Alasannya adalah karena oli adalah bahan pelumas yang akan memastikan mesin bekerja pada porsinya. Termasuk, memastikan semua komponen mesin tidak bermasalah hanya karena kurang pelumas.

Untuk mengeceknya, cukup lihat level pada bagian luar tabung oli. Atau bisa juga menggunakan stik oli dan lihat apakah jumlah oli berada di posisi F atau malah di bawah posisi L. jika di bawah L, segeralah tambah secukupnya.

  • Cek Kondisi Lampu

Perjalanan jauh akan besar kemungkinan membuat Anda bertemu dengan malam hari. Alhasil semua jenis lampu pada mobil SUV terbaik dengan harga Raize nyaman di kantong ini perlu dicek kondisinya.

Mulai dari lampu jauh, lampu dekat, lampu kabut, dan lampu pendukung lainnya. Jadi, ketika dibutuhkan saat perjalanan semua berfungsi baik.

  • Cek Kondisi Wipper

Untuk berkendara saat musim hujan, wipper adalah salah satu senjata utama pada mobil yang harus dipastikan kondisinya. Karena akan sangat membantu pengemudi melihat jalanan di depannya.

Memastikan kondisi wipper bisa dilakukan dengan uji coba menggunakannya, pada kecepatan rendah hingga tinggi. Apakah bisa mengarahkan air dengan baik sehingga tidak menghalangi penglihatan. Pastikan karetnya masih dalam kondisi maksimal.

  • Cek Kondisi Aki

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kondisi aki, yang sangat berhubungan dengan kinerja mesin. Lihat limir air aki yang tersedia pada komponen tersebut. Jika terlihat menipis segera tambah sesuai jenis aki yang digunakan.

Kemana Harus Melakukan Service Sebelum Perjalanan Jauh?

Kalau ternyata mobil Anda mengalami beberapa masalah, yang bisa saja menimbulkan kendala saat perjalanan jauh. Ada baiknya segera melakukan servis ke bengkel resmi atau dealer yang menyediakan servis.

Jangan sampai, hanya karena malas antri dan mengeluarkan uang tambahan untuk memastikan kondisi mobil mumpuni digeber jarak jauh. Nantinya, malah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika memilih tempat servis resmi dan berpengalaman, kendaraan roda empat kesayangan akan ditangani oleh montir profesional. Hasilnya juga akan memuaskan.

Semoga informasi tentang persiapan dan pengecekan yang harus dilakukan pada mobil Raize, sebelum dibawa untuk perjalanan jauh ini. Membantu Anda memaksimalkan kemampuan kendaraan sebagai transportasi nyaman keluarga atau bisnis.