Mengenal Jenis dan Manfaat Vitamin B Untuk Tubuh

Mengenal Jenis dan Manfaat Vitamin B Untuk Tubuh

Kesehatan

Tubuh manusia memerlukan vitamin untuk menjaga kondisinya. Dengan pemenuhan kebutuhan vitamin yang maksimal, tentu kondisi tubuh akan senantiasa baik dan gangguan virus serta penyakit tidak akan menyerang. Nah, salah satu jenis vitamin yang diperlukan tubuh untuk menjaga kondisi adalah vitamin B. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat vitamin B yang berguna.

Perlu diketahui bahwa vitamin B merupakan jenis vitamin yang tidak bisa dibuat oleh tubuh secara alami. Oleh karenanya, seseorang perlu melakukan konsumsi bahan makanan tertentu untuk mendapatkannya.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa jenis vitamin B dan manfaat yang akan didapatkan. Apa saja? Simak ulasannya!

Jenis dan Manfaat Vitamin B

Ada beberapa jenis vitamin B yang memberikan beragam manfaat berbeda bagi tubuh. Beberapa jenis vitamin B tersebut diantaranya adalah:

  1. Vitamin B1

Vitamin B1 disebut juga dengan nama lain thiamine. Salah satu manfaat mendasar dari kandungan vitamin B1 ini adalah untuk melancarkan sirkulasi darah serta membantu memaksimalkan metabolisme tubuh. Berbekal manfaat ini, tubuh nantinya akan semakin bugar dan sehat.

Ada beberapa bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin B1 tinggi. Beberapa diantaranya adalah kacang tanah, hati, makanan laut, nasi merah dan lainnya.

  1. Vitamin B2

Vitamin B2 memiliki manfaat sebagai agen yang membantu proses metabolisme tubuh untuk memproduksi lebih banyak energi. Tidak hanya itu, vitamin B2 juga memiliki manfaat untuk kecantikan, terutama menghaluskan kulit.

Nah, kandungan manfaat vitamin B2 banyak terdapat dalam beragam jenis makanan, seperti kacang-kacangan, daging, susu, telur dan lainnya.

  1. Vitamin B3

Memiliki nama lain niacin, vitamin B3 juga termasuk jenis vitamin B yang sangat penting bagi tubuh. Pasalnya, kandungan vitamin B3 akan membantu menyehatkan kulit serta sistem saraf. Adapun beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin B3 adalah daging ayam, cereal, daging kelinci, ikan dan lainnya.

  1. Vitamin B5

Vitamin B5 disebut asam panto tenat. Manfaat terbesar jenis vitamin B ini adalah untuk menguatkan tubuh guna melawan alergi. Untuk mendapatkan kandungan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi semua jenis sayuran, ikan, jamur dan lainnya.

  1. Vitamin B6

Jenis vitamin B selanjutnya adalah vitamin B6 atau piridoksina. Jenis vitamin B6 ini memiliki manfaat untuk membentuk sel darah merah dan mengubah protein serta karbohidrat menjadi energi. Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin B6 tinggi adalah daging sapi, daging ayam, susu, kentang dan lainnya.

Beberapa poin di atas adalah ragam jenis vitamin B yang kaya akan manfaat. Tentu, untuk mendapatkan beragam manfaat vitamin B sebagaimana dijelaskan di awal, Anda bisa memulai pola konsumsi baru yang lebih sehat dan teratur. Selain itu, tambahkan konsumsi lainnya sebagai penunjang, salah satunya adalah susu Milo yang kaya akan beragam nutrisi.