Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Pria dan Wanita

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Pria dan Wanita

Lifestyle

Nyatanya banyak manfaat kopi hitam tanpa gula yang harus kamu. Seperti yang kita tahu, kopi hitam memiliki kandungan antioksidan tinggi dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Bagi yang ingin minum kopi hitam, pastikan tidak menambah gula supaya manfaat yang didapat menjadi optimal dan benar-benar kamu dapat.

Dilansir AARP.org, dalam penelitian teranyar menunjukkan jika kopi bisa mencegah penyakit berbahaya seperti stroke hingga kanker. Juga bermanfaat untuk menurunkan risiko Parkinson serta demensia.

Meski banyak yang menyebut kafein punya efek negatif, kafein juga mengandung manfaat penting bagi pria dan wanita.  Berikut kami rangkumkan manfaatnya :

1. Kopi mendukung kebahagiaan

Studi menyebutkan jika kopi bisa membantu tubuh menjadi lebih bahagia. Dilansir dari Health, peneliti menyebutkan jika minum kopi dihubungkan dengan peningkatan emosi positif, termasuk kebaikan, kesenangan hingga  ketenangan.

Studi Harvard menyebutkan jika perempuan yang minum 4 cangkir kopi atau lebih dalam sehari bisa memicu 20% risiko depresi lebih rendah. Tak heran jika merasa depresi atau gelisah, kamu bisa minum kopi hitam.

2. Tinggi Antioksidan

Seperti yang telah disebutkan, kopi hitam memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Antioksidan sering dikaitkan sebagai upaya untuk meningkatkan perlindungan kesehatan tubuh.

Kandungan asam klorogenat serta polifenol yang melimpah pada kopi juga sudah terbukti mengurangi peradangan dan juga memainkan peran penting untuk perlindungan pada penyakit kronis, misalnya masalah obesitas.

3. Meningkatkan daya ingat

Dampak positif rutin mengonsumsi kopi lain adalah meningkatkan daya ingat seseorang. Seperti yang kita tahu, seiring bertambahnya usia bisa mengurangi daya ingat atau yang sering disebut pikun.

Nah agar hal tersebut tidak terjadi dan bisa meningkatkan daya ingat, kamu bisa rutin mengkonsumsi kopi hitam tanpa tambahan gula. Pastikan minum kopi tidak lebih dari jam 2 siang.

4. Meningkatkan Kinerja Fisik

Merasa kurang produktif akhir-akhir ini? Ada baiknya kamu mulai konsumsi kopi hitam mulai sekarang. Dilansir dari berbagai penelitian, mengkonsumsi kopi rutin ternyata berefek pada peningkatan kinerja fisik.

Kopi hitam tanpa tambahan gula ternyata mampu meningkatkan kinerja fisik sampai 100 persen. Kopi sendiri bekerja untuk meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) yang tersimpan di dalam darah.

Di mana epinefrin tersebut mendorong kesigapan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas fisik. Selain itu juga digunakan untuk memecah lemak tubuh di dalam sel lemak.

5. Menurunkan berat badan

Kopi hitam juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 50 persen. Selain itu juga mendorong pembakaran lemak di sekitar perut. Tentunya bagus untuk diet menurunkan berat badan.

Agar manfaat kopi hitam tanpa gula ini makin optimal, kamu tetap harus rutin olahraga setiap pagi atau sore hari. Jangan lupa untuk konsumsi makanan sehat supaya metabolisme tubuh menjadi seimbang.