Ketahui 5 Manfaat Konsumsi Prebiotik bagi Si Kecil

Ketahui 5 Manfaat Konsumsi Prebiotik bagi Si Kecil

Parenting

Prebiotik merupakan zat yang bisa ditemukan dari makanan yang mengandung karbohidrat dan serat yang hanya bisa diserap oleh bakteri baik dalam usus manusia. Anak-anak wajib diberikan menu makanan yang kaya prebiotik guna mendukung tumbuh kembang yang lebih optimal. Makanan prebiotik bisa Anda temukan di sekitar seperti kacang polong, asparagus, buah pisang, buah beri, dan lain-lain. Pastikan Anda memenuhi asupan gizi anak dengan menu makanan yang kaya zat prebiotik, ya!

Manfaat Konsumsi Makanan Kaya Prebiotik

Supaya Anda bisa meningkatkan kesehatan si kecil lebih prima, sebaiknya kenali manfaat konsumsi makanan kaya prebiotik untuk anak yaitu :

1. Bisa menjadi asupan nutrisi bagi tubuh

Makanan yang kaya zat prebiotik bisa ditemukan pada jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan serat. Saluran pencernaan dalam tubuh anak bisa berkembang lebih maksimal sebab prebiotik merupakan nutrisi bagi probiotik agar lebih mudah dicerna, lho!

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Anak yang mendapatkan asupan nutrisi terbaik akan memiliki sistem kekebalan tubuh lebih optimal. Pertumbuhan bakteri di dalam usus bisa meningkat sehingga anak terhindar dari risiko gangguan saluran cerna seperti sembelit.

3. Bisa menjaga kadar gula dalam darah

Bagi orang dewasa, makanan prebiotik lebih baik dikonsumsi sebab bisa mengontrol kadar gula dalam darah lebih aman. Tentu anak-anak yang mengkonsumsi makanan kaya zat prebiotik bisa terhindar dari risiko diabetes sejak usia dini. Inulin pada prebiotik bisa membantu penyerapan kalsium dalam usus besar lebih optimal, lho!

4. Bisa mencegah risiko kanker

Selain itu, kandungan inulin pada prebiotik bisa mencegah seseorang terkena risiko penyakit kanker. Makanan yang mengandung jenis prebiotik tertentu bisa meningkatkan pembentukan asam yang efektif mencegah perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

5. Bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal

Tidak hanya orang dewasa yang melakukan program penurunan berat badan, tetapi anak-anak yang alami obesitas bisa melakukan hal yang sama. Kurangi risiko obesitas yang bisa menyebabkan komplikasi penyakit pada orang dewasa dan anak-anak dengan konsumsi yoghurt.

Yoghurt bisa membuat tubuh Anda kenyang lebih lama tanpa menaikkan berat badan bila memilih yoghurt plain atau tanpa pemanis tambahan. Pada anak-anak, yoghurt tidak hanya memenuhi kebutuhan kalsium, tetapi mengandung zat probiotik dan prebiotik. Berat badan si kecil bisa tetap ideal sekaligus bisa memiliki fungsi organ tubuh yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak mengkonsumsi produk olahan susu.

Makanan prebiotik wajib Anda pilih untuk menu harian keluarga, termasuk anak-anak yang berada dalam fase pertumbuhan. Untuk bayi yang masih dalam tahap tumbuh kembang pun, Anda bisa memberikan menu MPASI yang kaya prebiotik dan probiotik setiap hari. Berikan menu makanan yang bergizi, sehat dan alami untuk meningkatkan sistem kekebalan bayi yang belum berkembang sempurna mulai sekarang, ya!