5 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Air mineral mengandung nol kalori dan hampir tidak mengandung nutrisi organik, tetapi sangat penting untuk berbagai fungsi biologis yang menopang kehidupan. Sedemikian rupa sehingga manusia dapat bertahan hidup tanpa makanan selama 2 minggu tetapi tidak dapat bertahan hidup tanpa air selama lebih dari 2 hari. Apa saja manfaat air mineral? Berikut penjelasannya.

1. Menjaga pencernaan yang sehat

Asupan air yang cukup memastikan sistem pencernaan yang sehat. Selain itu asupan air yang cukup meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah makanan, sehingga meningkatkan fungsi sistem pencernaan yang lancar. Ini mencegah sembelit serta mengurangi gas dan kembung.

Ketika tubuh kekurangan pasokan air, usus besar menyerap air dari makanan yang dicerna dalam upaya untuk menghidrasi tubuh. Hal ini sering mengakibatkan perubahan keseimbangan cairan di usus dan tinja yang mengeras atau sembelit.

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi harian air mineral alami yang mengandung magnesium sulfat dan natrium sulfat meningkatkan frekuensi buang air besar dan konsistensi tinja. Air juga dapat membantu mengurangi mulas, yang merupakan gejala gastrointestinal yang sangat umum.

2. Membantu Menjaga Berat Badan

Manfaat air mineral selanjutnya adalah dapat membantu memicu penurunan berat badan dengan cara meningkatkan metabolism. Air juga mampu mempromosikan rasa kenyang lebih awal dan dengan demikian mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Selanjutnya, air dapat menjadi pengganti yang lebih sehat untuk minuman manis dan sarat kalori.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak air dapat membantu memfasilitasi penurunan berat badan yang lebih besar dan nafsu makan yang lebih baik, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan klaim ini secara meyakinkan.

3. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Agar dapat bekerja dengan baik dan efisien, ginjal membutuhkan cairan yang cukup untuk membersihkan limbah yang tidak diinginkan dari tubuh. Air berperan sebagai media untuk membuang racun dari tubuh melalui keringat dan urin.

Studi menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi air mengurangi risiko nefrolitiasis, penyakit ginjal kronis, dan batu ginjal.

4. Menghilangkan Rasa Lelah

Kelelahan adalah salah satu gejala dehidrasi yang pertama kali terdeteksi. Saat tubuh manusia mengalami dehidrasi, maka akan terjadi penurunan volume darah. Akibatnya, memompa darah beroksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih sulit dan kurang efisien. Kerja ekstra pada tubuh ini dapat menyebabkan kelelahan.

5. Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain

Status cairan yang tidak memadai dapat menyebabkan sakit kepala yang mengganggu dan juga migrain. Dehidrasi ringan hingga kronis dapat menyebabkan sakit kepala yang sering, yang paling baik diobati dan dicegah dengan memenuhi kebutuhan air harian tubuh.

Banyak sekali buka manfaat air mineral untuk kesehatan tubuh. Memenuhi kebutuhan air tubuh tiap hari akan membuat Anda menjadi lebih fokus dalam beraktivitas sehari-hari. Dengan metabolisme tubuh yang lancar, tentu akan tubuh menjadi lebih ringan dan terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan.