Tips Pola Hidup Sehat Demi Meningkatkan Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

4 Tips Pola Hidup Sehat Demi Meningkatkan Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

Kesehatan

Semenjak tahun 2020 pandemi covid-19 telah masuk di Indonesia. Bahkan sampai sekarangpun pandemi ini masih tetap eksis. Entah sampai kapan kondisi ini teru berlangsung. Pasti banyak di antara kalian yang sudah jenuh dan lelah terhadap keadaan ini. Namun, kalian harus bersabar dan selalu berpikir positif.

Menghadapi pandemi yang seperti ini, kita semua harus senantiasa berhati-hati dan menjaga kesehatan semaksimal mungkin. Lantas, bagaimana caranya kita menjaga kesehatan di tengah pandemi yang tak kunjung henti ini? Jawabannya tentu pola hidup sehat. Dengan menjalani pola hidup sehat, kekebalan tubuh akan meningkat untuk melawan segala penyakit.

Tak sulit untuk menjalani pola hidup sehat, syaratnya hanyalah tekun. Tentu kalian ingin sehat, bukan? Maka marilah kita jalani pola hidup sehat demi menjaga kekebalan tubuh semasa pandemi ini. Berikut adalah tips pola hidup sehat sebagai cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit semasa pandemi

  1. Makan Makanan yang Bernutrisi dan Seimbang

Asupan makanan merupakan faktor utama untuk menentukan pola hidup sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi atau bergizi, maka dijamin tubuh akan kuat dan sehat. Dengan begitu tubuh akan memiliki antibodi yang bagus untuk menangkal segala macam penyakit.

Namun, tidak cukup itu, mengonsumsi makanan juga harus ada takarannya. Harus secukupnya, tidak boleh berlebih apalagi kurang. Hindari pula makanan yang terlalu mengandung lemak jahat dan kolesterol.

  1. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga merupakan hal yang wajib dilakukan untuk memperoleh tubuh yang sehat. Berolahraga dapat mengimbangi asupan makanan yang telah kita konsumsi apabila berlebih. Berolahraga juga melatih saraf-saraf dan kekuatan otot tulang.

Idealnya olahraga dilakukan selama 3 kali dalam seminggu, tak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti jogging pun sudah cukup jika dilakuakn dengan benar dan teratur. Jika terlalu sibuk, sempatkanlah minimal 1 kali dalam seminggu untuk berolahraga.

  1. Beristirahat dengan Cukup

Tidur adalah istirahat yang paling baik. Apabila kekurangan tidur tidak akan baik bagi kesehatan fisik dan mental. Jika kekurangan tidur, akan lebih mudah stress dan kinerja otak akan menurun. Jadi, beristirahatlah dengan cukup selama 8 jam setiap hari.

  1. Rajin Berjemur

Berjemur juga sangat baik untuk mengahapi pandemi seperti ini. Berjemur akan memicu tubuh untuk membentuk vitamin D yang baik bagi antibodi. Alhasil, tubuhpun akan lebih kebal terhadap penyakit, termasuk virus covid-19.

 Itulah 4 tips yang bisa diakukan untuk menjalani pola hidup sehat selama pandemi seperti ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjauhi kerumunan. Sayangi diri kalian dan keluarga kalian. Tetaplah bersabar menghadapi pandemi ini. Terus berpikir positif dan selalu waspada dimanapun kalian berada.